Rabu, 12 Oktober 2016

Tugas Pengenalan Teknologi Sistem Cerdas

1. Sebutkan dan Jelaskan Klasifikasi Sistem, beri contoh.
KLASIFIKASI SISTEM INFORMASI
Sistem informasi merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena system memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi yang ada di dalam system tersebut. Oleh karena itu, system dapat di klasifikasikan dari beberapa sudutpandang, diantaranya:
a. Sistem abstrak atau system fisik
Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya : system teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan.
 Sistem fisik merupakan system secara fisik, Misalnya:  system komputer.
b.  Sistem alamiah dan system buatan manusia
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia,
 misalnya system perputaran bumi. Sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin, yang disebut human machine system.
Sisteminformasi berbasis internet merupakan contoh human machine system karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.
c . Sistem deterministic dan sistem probabilistic
Sistem deterministic adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi. Sistemprobabilistik adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsure probabilistik.
d. Sistem terbuka dan system tertutup
Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan di pengaruhi oleh lingkungan luarnya.
Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk subsistem lainnya.
Sistem tertutup adalah sistem yang tidak terhubung dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan pihak luar.
2. Berikan Contoh Sistem Informasi, jelaskan secara detail.
Contoh sistem informasi yang akan saya bahas, yaitu mengenai minimarket alfamart

Sistem informasi pada minimarket Alfamart
Alfamart adalah sebuah brand minimarket penyediaan kebutuhan hidup sehari-hari oleh PT.sumber alfariatrijaya,tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya alfamart, dengan mulainya usaha dagang rokok dan barang–barang konsumsi oleh DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikanya dijual kepada PT.HM Sampoerna pada tahun 1989. pada tahun 1994 struktur kepemilikan berubah menjadi (70%) dimiliki oleh PT.HM Sampoerna tbk dan (30%) dimiliki oleh PT.Sigmantaraalfindo (keluarga djoko susanto)
PT.Alfa minimart utama (amu) di dirikan pada tanggal 27 juli 1999,dengan pemegang saham PT.Alfaretailindo,tbk sebesar (51%) dan PT.Lancar distrindo sebesar sebesar (49%),PT.Alfa minimart utama (amu) ini kemudian membuka alfa minimart pada tanggal 18 oktober 1999 berlokasi jalan beringin raya ,karawaci.tangerang.
Padatanggal 27 juli 2002,PT HM Sampoerna tbk secara resmi merestrukturisasi kepemilikanya sahamnya di PT.Alfaretailindo yang semula (54,40%) dikurangi menjadi(23,4%) di sisi lain, perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai mengarap serius pasar minimarket yang selama ini belum tergarap melalui alfa.
Padatanggal 1 agustus 2002,kepemilikan beralihke PT. Sumber Alfariatrijaya dengan pemegang saham PT.HM Sampoerna ,tbksebesar (70%) dan sigmantaraalfindo sebesar (30%) kemudian nama alfa minimart diganti menjadi alfamart pada 1 januari 2003.pada tahun 2005 jumlah gerai alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam 6 tahun semua took berada di pulau jawa.
Awal  tahun 2006 PT.HM sampoerna,tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT. Sigmantaraalfindo(60%) dan PT.cakrawalamulia prima(40%) mendapat sertifikat Iso 9001:2000 untuk system manajemen mutu”. Petengahan 2007 Alfamart, sebagai jarang minimarket pertama di indonesia yang memperoleh sertifikat Iso 9001 : 2000 untuk system manajemen mutu. Jumlah gerai mencapai 2000 toko dan telah memasuki pasar lampung. Awal 2009 menjadi perusahaan public tgl 15 januari 2009 dibursa efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki pasar bali.
Motto “belanjapuas,harga pas”
System informasi perusahaaan Alfamart
Lajunya pertumbuhan gerai took alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap poin of sales (POS) kasir di semua gerai yang mencakup system penjualan, persediaan, dan penerimaan barang. tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masadepan.
Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanjadikasir, alfamart menggunakan pemindaian scanner barcode, pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca debit, mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.
Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada pusatdistribusinya. kedua system dan tail gate system pada setiap distribusinya. keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun barang di gerai alfamart.
Pengendalian operasi toko
Persediaan operasi took adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di took berjalan dengan lancer atau sempurna. Adapun pengendalian took tersebutadalah:
1.      pengendalianpersediaan
2.      pengendalianpenjualan
3.      pengendalianbiaya
4.      pengendalianadministrasi
5.      pendapat lain-lain
6.      pengendalianlingkungan

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com